Keutamaan Kabah dan Mekkah

Posted by Bujang.tanggung on Sunday, January 12, 2014

Orang berdoa di sekeliling Kabah
Hubungi 081274019138 / 087877350370


Keutamaan Kabah dan Mekkah

Rasullullah saw. bersabda, "Tiada negeri di muka bumi ini yang diangkat Allah pada suatu kebaikan dengan seratus ribu kebaikan kecuali Mekkah.Barang siapa sholat satu kali saja di Mekkah,pasti Allah melimpahkan karunia pahala seratus ribu sholat.Barang siapa berpuasa sehari di Mekkah,pasti ditulis pahalanya oleh Allah sebanyak seratus ribu hari puasa.Barang siapa bersedekah satu dirham di Mekkah,pasti dituliskan oleh Allah pahala baginya seratus ribu dirham sedekahnya.Barang siapa membaca khatam Al-Quran satu kali di Mekkah,pasti ditulis oleh Allah baginya seratus ribu khatam Al-Quran.Barang siapa membaca Tasbih satu kali di Mekkah,pasti ditulis pahala baginya seratus ribu kali bacaan tasbih".

Mekkah sebagai kota suci,mempunyai 15 tempat yang mustajab untuk berdoa.Diantaranya adalah :

  1. Di dalam Kabah
  2. Di Rukun Aswandi
  3. Di Rukun Yamani
  4. Di bawah Mizab
  5. Di Hijir Ismail
  6. Di Multazam
  7. Di Maqam Ibrahim
  8. Di Telaga Zam-Zam
  9. Di Bukit Shafa
  10. Di Bukit Marwa
  11. Di Padang Arafah
  12. Di Masy Aril Haram
  13. Di Jumratul Ula
  14. Di Jumratul Wustho
  15. Di Jumratul Aqabah
Hadits Ibnu Majah menerangkan bahwa Rasullullah bersabda "Demi Allah,sesungguhnya engkau (Mekkah) adalah sebaik-baik bumi.Allah dan kekasih-kekasih bumi Allah kepadaNYA. Kalaulah karena aku tidak dikeluarkan dari padamu (Mekkah),pasti aku tidak akan keluar (meninggalkanmu/Mekkah)".
Adapun Kabah juga mempunyai beberapa keistimewaan.Diantaranya adalah sebagai kiblat Ummat Islam sedunia.Kabah artinya pedoman.Pedoman Ummat Islam adalah Kabah yang terletak di dalam lingkungan Masjidil Haram.
Pada bangunan Kabah,terdapat sebuah batu yang disebut Hajar Aswad.Konon,batu itu adalah yaqut yang berasal dari Sorga.Kelak,di hari Kiamat,akan dibangkitkan dan mempunyai sepasang mata serta mulut yang bisa berbicara.Ia menjadi saksi bagi siapa saja yang menciumnya dengan ikhlas dan benar.
Menurut riwayat,ketika Kabah dibangun untuk pertama kalinya oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail,ketika hendak menyelesaikan bangunan Kabah tersebut,ada bagian yang masih kurang sehingga Nabi Ismail mencari-cari batu untuk menambal kekurangannya.Sehingga akhirnya Nabi Ismail menemukan sebuah batu,yang konon adalah sebuah Yaqut dari sorga.Oleh Nabi Ismail,batu tersebut diserahkan kepada Bapaknya,Nabi Ibrahim.Setelah diamati.batu itu kemudian dianggap cocok sebagai tambahan dan kemudian dipasang di pojok Kabah.Sebelum dipasang,batu tersebut dicium secara bergantian oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment